Jumat, 24 April 2020

Menguak Keajaiban Mimpi, Menggali Sumber Ilmu Laduni


Judul buku : Menguak Keajaiban Mimpi,    
                        Menggali Sumber Ilmu Laduni.
Karya           : M. Luthfi Ghozali
Peresensi    : Verri JP
Penerbit      : Al Abshor, Semarang, 2017.
Halaman     : x + 188, 14 x 20
Berat            : 250 gram.

Mimpi seseorang itu berkaitan dengan jiwa orang dan niat sejati orang. Nilai yang dilekatkan pada setiap  unsur berhubungan erat dengan persepsi ideal yang diambil dari kehidupan sebenarnya. Jadi, kita harus menyadari bahwa tindakan apapun yang dilakukan seseorang dalam sebuah mimpi sesungguhnya karena izin Tuhan.

Laduni adalah pemberian Allah. Menurut kamus ilmu Tasawuf ilmu laduni asal kata ladun. Ladun  bermakna sisi, dekat, pangkuan. Karena kata ladun termasuk jenis kata  zharaf, bisa diartikan dari sisi, atau dari pangkuan. Al Ghazali, mendefinisikan laduni dengan ilmu yang dipancarkan langsung oleh Tuhan ke lubuk hati manusia tanpa belajar atau berargumentasi ilmiah.

Pada umumnya orang mempunyai anggapan terlalu berlebihan terhadap Ilmu Laduni. Ilmu Laduni dianggap sesuatu yang sangat sakral sehingga tidak bisa dimiliki oleh semua orang, kecuali oleh orang-orang khusus, padahal tidak demikian. Semua manusia berpotensi mendapatkan Ilmu Laduni, asal tahu ilmunya dan benar penerapannya. Ilmu Laduni itu didatangkan kepada jiwa yang kontemplatif sehingga mendapatkan ilmu yang intuitif, itu manakala jiwa yang kontemplatif tersebut wushul kepada Allah Swt.

Adapaun hubungannya dengan alam mimpi, oleh karena secara qudroti seseorang mestinya sudah waktunya menerima ilmu yang intuitif tersebut, namun oleh karena kurang persiapan lahir batin, disebabkan tidak mengerti ilmunya, maka proses turunyya ilmu laduni tersebut terjadi di dalam mimpi, karena alam mimpi merupakan 46% alam kenabian. Parahnya lagi kebanyakan kita kurang memahami hakekat alam mimpi dan hakekat ilmu laduni, sehingga karunia besar itu terlewatkan begitu saja.

Ilmu Laduni tersebut berupa pemahaman hati dan kemampuan pribadi, merupakan inspirasi Ilahiyah yang didatangkan sebagai buah amal yang dilakukan. Ketika potensi lahir manusia berinteraksi dengan potensi batin, dengan izin Allah semua kemungkinan bisa terjadi, itu manakala interaksi tersebut dibarengi dengan dzikir dan berdoa kepada  Allah Swt.

Bagaimanakah penjelasan lengkapnya tentang ilmu laduni, rahasia alam mimpi, menakwilkan mimpi sampai meredaksikan mimpi. Semuanya diuraikan dengan apik dan gamblang, tanpa megerutkan dahi oleh pengarangnya Muhammad Luthfi Ghazali.

Untuk order buku ini bisa hubungi Sdr Verri JP, sekarang juga di
no  HP/WA :  08111494599.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar