Jumat, 10 April 2020

Tekwan Tjikmah

                   Tekwan Tjikmah isinya
                    Satu mangkok besar
                    Dengan 1 liter kuah

          Paket online Tekwan Tjikmah



Tekwan Tjikmah

Selain pempek, Palembang juga memiliki kuliner berbahan ikan lain bernama tekwan. Tekwan adalah sejenis sup dengan isi daging ikan tenggiri dicampur sagu dalam potongan kecil yang berbentuk seperti siomay. Campuran ikan tenggiri ini ditemani dengan jamur,  irisan bengkoang, daun bawang dan kemudian disiram dengan kuah berbahan udang yang gurih.

Dari penampakannya sajian tekwan sekilas mirip dengan sup bakso ikan atau fish cake dengan kaldu udang yang menggoda.

Dilihat dari sejarahnya, tekwan merupakan kuliner hasil akulturasi budaya Tionghoa dan Palembang. Saat itu pedagang Tionghoa yang sudah menetap di Palembang memperkenalkan kuliner berbahan ikan ini yang kemudian diadopsi oleh orang asli Palembang. Orang asli palembang ini mengubah rasa sup ikan ini dengan cita rasa lokal yang sesuai dengan lidah orang Palembang.

Nama tekwan sendiri berasal dari gabungan kalimat ‘bekotek samo kawan’ yang memiliki arti mengobrol bersama kawan. Kata dalam bahasa palembang ini kemudian disingkat menjadi tekwan. Hal ini didasari dari kebiasaan orang Palembang yang menyantap tekwan dalam suasana santai sambil berbincang dengan para temannya. Meski begitu, ada pula yang menyebut bahwa  nama tekwan berasal dari serapan bahasa Inggris yakni kalimat ‘take one’ yang artinya mengambil satu satu. Ada juga yang memaknai lain yakni dari bahasa Min Selatan tê-kuàn (茶罐) yang berarti teko teh.


Mari kita mencoba penawaran dari Tekwan Tjikmah, Tekwan Tjikmah dibuat dalam bentuk instant yang memudahkan pembelinya dalam menghangatkan tekwan agar tetap segar dan baru. Cara menghangatkan Tekwan Tjikmah tidaklah sesulit yang kita bayangkan, mudahnya memasak layaknya memasak mie Instant saja.

Bagaimana Cara memasaknya?
Cara memasaknya cukkup mudah.
1. Panaskan satu liter air.
2. Jika sudah mendidih, masukkan bumbu,  garam dan jamur.
3. Masukkan tekwan
4. Tunggu sampai mendidih, lalu angkat.
5. Siap untuk dihidangkan dan tambahkan bawang goreng, daun seledri dan sambal.

Demikian, selanjutnya tinggal dinikmati.

Di Tekwan Tjikmah, selain  memproduksi Tekwan,  juga membuat  pempek yang bisa diorder secara online. Pempek yang ditawarkan sudah lengkap, pempek kapal selam, pempek lenjer dan pempek adaan, berikut cukonya.


Baik paket pempek dan paket tekwan bisa diperoleh secara online.  Tekwan Tjikmah siap mengirimkan order untuk wilayah Pamulang, BSD, Jabotabek, Tangsel dan Banten. (Verri JP)

Untuk order silakan hubungi :
Pelangi Jaya Lestari
Jl. Kalasan Blok B15 No 1.
Sarua Permai
Pamulang
Tangsel.

WA 08111494599
Telp 087883171247

Tidak ada komentar:

Posting Komentar