Jumat, 17 April 2020

Pempek Lenggang


Membuat Pempek Lenggang

Pempek Lenggang atau juga populer dengan sebutan lenggang adalah salah satu kudapan khas yang berasal dari Kota Palembang dan Sumatra Selatan pada umumnya.

Lenggang merupakan salah satu jenis varian pempek yang proses memasaknya dilakukan dengan cara dipanggang. Pempek lenggang yang asli terbuat dari bahan adonan mentah pempek panggang yang terdiri dari campuran daging ikan tenggiri atau ikan sungai air tawar  yang digiling halus, tepung sagu, air dan bumbu lalu dicampurkan bersamaan dengan telur bebek atau telur ayam di dalam wadah daun pisang berbentuk mangkuk kubus dan dipanggang diatas bara api.

Sebagaimana pempek pada umumnya, pempek lenggang juga dinikmati bersama saus cuko sebagai pelengkap.

Selain dipanggang, pempek lenggang juga dapat disajikan dengan cara digoreng. Pempek lenggang yang digoreng pada umumnya terbuat dari pempek lenjer yang dipotong kecil-kecil dan dikocok bersama telur ayam atau telur bebek lalu digoreng dengan sedikit minyak hingga adonan telur dan pempek lenjer menyatu.

Bahan yang diperlukan
1 btr telur
10 ptg pempek lenjer, potong kecil2
3 sdm minyak goreng
secukupnya garam, kaldu jamur.

Kocok telur, masukkan garam, kaldu jamur dan masukkan potongan lenjer. Kemudian di  aduk merata.

Panaskan minyak, goreng adonan di atas teflon, dibalik satu  kali saja.

Kemudian  diangkat  dan disajikan. Selanjutnya disiram dengan kuah cuka.
Rasakan kenikmatannya.
- o0o -

Sebenarnya ada cara cepat untuk membuat pempek lenggang yakni dengan memodifikasi pempek lenjer, kapal selam ataupun adaan dipotong-potong atau diiris kecil-kecil. Kemudian dicampur hasil kocokan telur yang tersebut dibatas.

Sementara itu untuk mendapatkan pempek lenggang yang tersebut di atas kami menyediakan Pempek Tjikmah untuk dimodifikasi, Anda tinggal angkat telepon sekarang juga dan hubungi Pelangi Lestari di WA no. 08111494599.
Pamulang Tangsel.

Pempek Tjikmah memiliki tempat pick up point di Pondok Gede, Bintaro, dan Pamulang, Tangsel.

#notaverrijpma
#theraafiat
#pempeklenggang
#pempektjikmah
#pempeklenjer
#pempekkapalselam
#pempekadaan
#tekwantjikmah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar