Senin, 27 April 2020

Kehidupan Saat Musim Covid19, antara Tantangan dan Peluang



Kehidupan Saat Musim covid 19, antara Tantangan dan Peluang.

Ternyata kehidupan saat musim pandemi covid 19 memerlukan strategi untuk mengatasinya. Setelah penulis renungkan  diperlukan beberapa hal agar kita bisa melewatinya.

1. Kesehatan fisik; kesehatan ini mutlak diperlukan bila kita mau berusia panjang. Diantaranya olah raga,  dan berjemur pagi sesuatu yang wajib dilakukan.

2. Kekuatan mental; kekuatan mental diperlukan karena ketegangan jiwa yang dialami sudah tidak sama dengan kehidupan biasanya.

3. Kesehatan spiritual; diperlukan untuk menyetimbangkan olah rahani, yang dilakukan seperti meditasi, dzikir, berdoa dan muhasabah.

4. Pola pikir;
Dengan situasi yang berbeda dengan kehidupan biasanya perlu pola pikir yang tenang dan terkendali, berpikir positip tetap diperlukan dan tetap istiqomah.

Pusing itu bukan karena banyak pikiran, tapi karena salah mikir.
Harusnya fokus mikir jualan sendiri,  malah ini mikirin utang. Namun, bila sudah terlanjur mulailah berpikir agar hutang terlunasi dengan menjual harta simpanan yang dimiliki.

5. Gaya hidup sehat;
Gaya hidup sehat diperlukan terutama agar kebersihan badan selalu terjaga, dan pola makan sehat diikuti, serta dalam segala hal higienis diutamakan.

6. Tata kelola pekerjaan; banyak orang  yang di phk dan banyak juga yang dirumahkan. Pekerja harian bahkan tidak melayani pelanggan demi menjaga keamanan dan kesehatan pribadi.

Untuk itu diperlukan tata cara mengelola karir, bagi yang tidak bisa bekerja sesuai keahliannya, maka dituntut untuk bekerja di rumah, boleh mulai terjun pada bisnis yang baru, boleh juga merubah rumah menjadi ajang berbisnis, agar dapur tetap ngebul.

7. Tour of duty; suasana bisnis yg lengang membuat kita terpacu  untuk berupaya agar dapat peluang  bisnis baru yang menjanjikan. Seperti usaha toko online. Memasak kue kesukaan dan  menjualnya agar ada penghasilan.

8. Agar tetap setimbang emosinya, komunikasi dengan sahabat boleh terus dilanjutkan tapi dengan cara mengikuti aturan sosial distancing.

Sekarang ini saat yg tepat buat bangkit karena  hampir semua lini usaha mulai dari nol lagi.

https://verijp.blogspot.com/2020/04/kehidupan-saat-musim-covid19-antara.html?m=1

Salam,
Verri JP
Rumah Sehat Thera Afiat
Jl. Kalasan No1.
Sarua Permai, Pamulang
Tangsel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar